Bulat dan lonjong, begitulah bentuk unik kopi yang biasa disebut Peaberry, di Indonesia Kopi Lanang adalah nama lain dari Peaberry.

Peaberry bukanlah kopi yang memiliki varietas khusus yang memiliki biji kopi bulat, namun kopi ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis kopi, bahkan kopi robusta sekalipun. Khusus di Gayo, karena memiliki kebun kopi Arabica yang sangat luas, peaberry juga didapatkan dari jenis Arabica.

Pengalaman kami dalam proses kopi Arabica, kami hanya menemukan 3 atau 7% kopi peaberry dari setiap kopi Arabica.


Kopi peaberry biasanya dipilih pada saat kopi tersebut telah melalui proses fermentasi atau huller, sangat jarang jika peaberry dapat ditemukan pada kondisi kopi tersebut masih gelondong.

Dibandingkan dengan kopi lainnya, kopi ini cenderung memiliki biji sedikit lebih kecil dan padat, ada yang menggatakan tingkat kafein yang terdapat dalam kopi ini lebih tinggi dibandingkan kopi Arabica umumnya.

Sebagain cerita juga berkembang di masyarakat, bahwa kopi ini juga dapat meningkatkan daya vitalitas bagi kaum pria.

Gayo Specialty Coffee, February 2014 telah memperkenalkan produk kopi Peaberry dengan tampilan modern kualitas kopi Arabica terbaik, Anda dapat membeli langsung kopi ini di berbagai microshop kami di Banda Aceh (Mister Piyoh Peunayong) atau di Bener Meriah (Garabi Coffee Sp Teritit).

Selain itu Anda dapat juga memesan langsung di www.kopigayo.web.id

Leave a Reply